Sebelumnya saya sudah posting artikel tentang Penilaian Harian pada artikel sebelumnya, jika belum membacanya saya anjurkan untuk membacanya terlebih dahulu sebelum membaca Penilaian Mingguan. Ketentuan dalam membuat Penilaian ini diantaranya yaitu :
- Format memuat: aspek perkembangan terdiri dari (1) nilai agama dan moral, (2) fisik – motorik, (3) kognitif, (4) bahasa, (5) sosial-emosional, dan (6) seni.
- Kompetensi Dasar terdapat dalam kolom berwarna dengan huruf bercetak tebal.
- Indikator perkembangan setiap kompetensi dasar yang diturunkan dari indikator pada lampiran Permendikbud Nomor 137 tahun 2014, Permendikbud nomor 146 tahun 2014.
- Format digunakan untuk mencatat perkembangan anak setiap bulan dalam satu semester.
- Format memuat data perkembangan setiap anak, atau dengan kata lain satu format untuk satu anak yang digunakan selama satu semester.
- Setiap bulan terdiri dari 4 (empat) kolom yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan 4. Angka 1 menunjukkan kemampuan Belum Berkembang (BB). Angka 2 menunjukkan kemampuan Mulai Berkembang (MB). Angka 3 menunjukkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan. Angka 4 menunjukkan kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB).
- Capaian perkembangan
- Belum Berkembang (BB): bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
- Mulai Berkembang (MB): bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
- Berkembang Sesuai Harapan (BSH): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
- Berkembang Sangat Baik (BSB): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.