0
Contoh Penilaian Mingguan PAUD/ TK Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 ini merupakan teknik penilaian terbaru yang bisa anda gunakan dalam pembelajaran dilembaga anda yang tentunya sesuai dengan Kurikulum 2013. Penilaian Mingguan merupakan salah satu penilaian yang wajib dilakukan oleh guru PAUD kepada peseta didiknya sesuai dengan kegiatan belajar berdasarkan RPPM. Disini saya akan bagikan Format Penilaiannya yang dilengkapi juga dengan panduan untuk cara pengisiannya.

format penilaian mingguan k13

Sebelumnya saya sudah posting artikel tentang Penilaian Harian pada artikel sebelumnya, jika belum membacanya saya anjurkan untuk membacanya terlebih dahulu sebelum membaca Penilaian Mingguan. Ketentuan dalam membuat Penilaian ini diantaranya yaitu :


  1. Format memuat: aspek perkembangan terdiri dari (1) nilai agama dan moral, (2) fisik – motorik, (3) kognitif, (4) bahasa, (5) sosial-emosional, dan (6) seni.
  2. Kompetensi Dasar terdapat dalam kolom berwarna dengan huruf bercetak tebal.
  3. Indikator perkembangan setiap kompetensi dasar yang diturunkan dari indikator pada lampiran Permendikbud Nomor 137 tahun 2014, Permendikbud nomor 146 tahun 2014.
  4. Format digunakan untuk mencatat perkembangan anak setiap bulan dalam satu semester.
  5. Format memuat data perkembangan setiap anak, atau dengan kata lain satu format untuk satu anak yang digunakan selama satu semester.
  6. Setiap bulan terdiri dari 4 (empat) kolom yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan 4. Angka 1 menunjukkan kemampuan Belum Berkembang (BB). Angka 2 menunjukkan kemampuan Mulai Berkembang (MB). Angka 3 menunjukkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan. Angka 4 menunjukkan kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB).
  7. Capaian perkembangan
    1. Belum Berkembang (BB): bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
    2. Mulai Berkembang (MB): bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
    3. Berkembang Sesuai Harapan (BSH): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
    4. Berkembang Sangat Baik (BSB): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.

Pengisian kolom capaian perkembangan setiap bulannya hanya dengan checklist (√), kemudian data yang diisikan pada kolom capaian perkembangan merupakan hasil kumulasi data yang terkumpul dari format harian ditambah data catatan anekdot ditambah catatan hasil karya anak. Kolom Kesimpulan Capaian diisi dengan capaian tertinggi, misalnya BB, BB, MB, MB, MB, BSH, maka capaian yang diisikan adalah BSH.

Artilek Terkait Lainnya !!!

File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan Contoh Penilaian Mingguan PAUD/ TK Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 ini dapat membantu anda menemukan referensi yang tepat untuk membuat administrasi sendiri. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Cari file Administrasi PAUD/TK/RA/KB/TPA yang anda butuhkan melalui kotak pencarian dibagian kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top