0
Format Laporan Perkembangan Anak PAUD/TK Terbaru 2017/2018 ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Format laporan ini dibagikan kepada wali anak pada tiap akhir semester atau yang sering kita sebut dengan Buku Raport/ LPPA. Tidak hanya sekedar contoh file yang bisa anda download, disini saya juga akan menjelaskan mengenai apa itu Laporan Perkembangan Anak Usia Dini dan cara mengisi laporannya?.

Laporan Perkembangan Anak PAUD/TK yang dalam Kurikulum 2013 PAUD disebut LPPA (Laporan Pencapaian Perkembangan Anak) merupakan dokumen penilaian anak usia dini yang juga merupakan Raport PAUD bentuk lain sesuai Kurikulum 2013 PAUD selain menggunakan format Raport PAUD Kurikulum 2013.

format LPPA PAUD/TK Kurikulum 2013


Contoh Format Laporan Perkembangan Anak Usia Dini ( PAUD) ini menggunakan instrumen penilaian, seperti observasi, percakapan, unjuk kerja, hasil karya, dan melakukan pencatatan terhadap sikap dan perilaku anak yang terjadi secara insidental pada format catatan anekdot yang kemudian dirangkum dan disajikan dalam format yang telah disiapkan baik harian, mingguan maupun semester. Baru setelah itu dibuat Laporan Pencapaian Perkembangan Anak (LPPA) secara deskripsi dan juga secara objektif sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau wali.

Cara mengisi dan menyimpulkan kolom perkembangan anak ini diuraikan catatan mengenai seluruh kemajuan perkembangan anak berdasarkan kompetensi yang dicapai anak meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Diawali dengan menguraikan kekuatan peserta didik dengan cara yang unik dan bermakna yang dapat menjadi bagian dari citra diri peserta didik serta menghindari pernyataan yang bersifat negatif. 

Beberapa contoh kalimat yang baik dan benar dalam mengisi laporan perkembangan Anak, diantaranya :
  1. anak telah mengembangkan sikap positif terhadap ...
  2. anak telah maju dalam ...
  3. anak telah menunjukkan keinginan untuk ...
  4. anak telah menunjukkan kemajuan dalam ...
  5. anak telah menunjukkan peningkatan yang nyata ...
  6. anak telah menunjukkan keterampilan sosial ...
  7. anak telah menunjukkan antusias untuk ...
  8. anak senang belajar untuk ...
  9. anak menjadi mandiri ...
  10. anak sedang mengembangkan keterampilan konsentrasi ...
  11. anak mulai mendapatkan kepercayaan diri ...
  12. anak menjadi pendengar yang baik ...
  13. anak sedang mengembangkan cara yang lebih positif untuk berinteraksi dengan orang lain ...
  14. anak bersifat kooperatif ketika bekerja dalam kelompok ...

Beberapa contoh kalimat tidak dianjurkan (kalimat negativ)  dalam mengisi laporan perkembangan Anak, diantaranya :
  1. anak tidak pernah ...
  2. anak tidak akan ...
  3. anak tidak bisa ...
  4. anak akan selalu ...

Artilek Terkait Lainnya !!! 
File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan Format Laporan Perkembangan Anak PAUD/TK Terbaru 2017/2018 ini dapat membantu anda menemukan referensi yang tepat untuk membuat administrasi sendiri. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Cari file Administrasi PAUD/TK/RA/KB/TPA yang anda butuhkan melalui kotak pencarian dibagian kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top