0
Contoh Penilaian Hasil Karya Anak Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD/TK ini merupakan topik terbaru yang akan jadi bahasan saya dalam postingan kali ini. Dalam proses pembelajaran, Penilaian merupakan hal yang sangat penting karena setiap proses dan hasil harus dievaluasi oleh pendidik. Hasil Karya Anak menjadi salah satu dari objek Penilaian pada Kurikulum 2013 dalam pembalajaran di PAUD/ TK. Disini saya berikan format sekaligus cara penilaian pada proses penilaian hasil karya anak ini.

Penilaian Hasil Karya pada pembelajaran PAUD merupakan salah satu penilaian penting karena berkaitan dengan sistem motorik anak yang memang perlu jadi prioritas perkembangan anak. Hasil karya adalah buah pikir/ ide/ gagasan anak yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat berupa pekerjaan tangan, karya seni atau tampilan anak, misalnya: gambar, lukisan, lipatan, hasil kolase, hasil guntingan, tulisan/coretan-coretan, hasil roncean, bangunan balok, tari, hasil prakarya dll.

Hasil Kreasi Anak PAUD


Untuk lebih memahami teknik penilaian hasil karya ini silahkan simak contoh kasus dibawah ini dengan menggunakan berbagai media belajara yang sederhana.

Kegiatan Belajar
Ajaklah anak untuk membangun balok sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Berdiskusilah dengan anak, berikan gagasan tentang konsep bangunan. Dukung anak untuk mulai merencanakan bangunan yang akan dibangunnya. Setelah selesai membangun, mintalah anak untuk bercerita tentang bangunan tersebut!
Kemudian tindakan kita dalam proses menilai anak bisa dengan cara wawancara seperti berikut ini.

Proses Penilaian
Guru : ”Bangunan apa yang sedang kalian bangun?”
Khanza : ”Istana Putri.”
Guru : ”Mengapa kalian mengatakan ini istana putri?”
Khanza : ”Karena di dalam istana ini tinggal putri cantik.” (Sambil tangannya menunjuk ke bangunan tinggi di tengah lingkaran.)
Guru : ”Apa maksud diletakkan sebuah segitiga di atas rumah putri itu ?”
Khanza : ”Itu kan atapnya…”
Guru : ”Mengapa perlu diberi atas pada bagian atas rumah itu?”
Jesica : ”Agar putrinya tidak kehujanan dan tidak kepanasan.”
Guru : (sambil menunjuk celah di lingkaran) ”Kalau lubang sebesar satu balok unit di sini untuk apa ya ?”
Jesica : ”Itu kan pintu masuknya putri ke istananya.”

File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan Contoh Penilaian Hasil Karya Anak Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD/TK ini dapat membantu anda menemukan referensi yang tepat untuk membuat administrasi sendiri. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Cari file Administrasi PAUD/TK/RA/KB/TPA yang anda butuhkan melalui kotak pencarian dibagian kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top