0
Contoh RAPBS PAUD/TK Tahun 2018 ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Rencana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Sekolah (RAPBS) ini bisa anda gunakan untuk bahan referensi dalam pembuatan RAPBS tahun pelajaran 2018/2019 yang dapat digunakan untuk semua lembaga pendidikan anak usia dini seperti TK, KB, dan TPA. RAPBS atau Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah adalah program sekolah yang wajib dimiliki supaya keuangan lembaga dapat terkendali.


Contoh RAPBS PAUD ini dibuat dalam bentuk word (docx) dan pdf dan disimpan dalam akun google drive, untuk itu anda tidak perlu takut dengan adanya virus pada file ini. Contoh file ini saya dapat dari beberapa sumber terpercaya dan dapat dikatakan bahwa sumber file ini dari lebaga PAUD yang sudah bonafid, sehingga sangat cocok contoh rapbs ini untuk dijadikan referensi. 


RAPBS adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah dan Kepala Sekolah serta penanggungjawab perumusan RAPBS, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. 

Secara rinci langkah penyusunan RAPBS, yaitu:
  1. Inventarisasi kegiatan untuk tahun yang akan datang, baik kegiatan rutin maupun kegiatan pembangunan/ pengembangan berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun sebelumnya, analisis kebutuhan tahun berikutnya, dan masukan dari seluruh warga sekolah maupun Komite sekolah.
  2. Inventarisasi sumber pembiayaan baik dari rutin maupun pengembangan.
  3. Penyusunan Rencana Kegiatan sekolah (RKS) yang lengkap berdasarkan Langkah poin (1) dan (2). Kepala sekolah membuat tabel RKS yang terdiri dari kolom-kolom nomor urut, uraian kegiatan, sasaran, kolom-kolom perincian dana dari berbagai sumber, dan kolom jumlah. Tabel tersebut diisi sesuai kolom yang ada.
  4. Penyusunan RAPBS, Kepala sekolah membuat tabel RAPBS yang terdiri dari kolom-kolom, yaitu kolom rencana penerimaan dan jumlahnya, kolom rencana pengeluaran dan jumlahnya. Tabel tersebut diisi kemudian ditandatangani oleh Kepala sekolah dan Ketua komite sekolah dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat.

File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan Contoh RAPBS PAUD/TK Tahun 2018 ini dapat membantu anda menemukan referensi yang tepat untuk membuat administrasi sendiri. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Cari file Administrasi PAUD/TK/RA/KB/TPA yang anda butuhkan melalui kotak pencarian dibagian kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top